Mengapa Bisnis Harus Memiliki Website? Pentingkah?

 Mengapa Bisnis Harus Memiliki Website? Pentingkah?


Sebagai pengusaha, dulu kemungkinan Anda biasa saja dengan pertanyaan, hari gini gak punya website? Anda merasa kehidupan usaha Anda berjalan baik-baik saja kok tanpa keberadaan website. Padahal, memang pertanyaan layaknya itu lumrah saja, mengingat kita hidup di zaman serba digital. Rasanya, punya sebuah website adalah sebuah keharusan bagi sebuah bisnis.


Keberadaan website bagi usaha yang diakui tak benar-benar perlu menemukan klimaksnya sementara krisis akibat covid-19 ini. Tidak ada satupun orang di dunia yang menyangka dan memprediksi virus corona ini bakal singgah menghantam dan juga memporakporandakan kehidupan. 


Pandemi covid-19 ini adalah krisis kesegaran yang nyata-nyata yang berdampak perlu terhadap rantai pasokan global, pasar di semua dunia, usaha kecil dan besar untuk sementara yang tidak terbatas. Yes, we are facing the uncertainty. Ketika banyak usaha tiarap terdampak berasal dari virus corona, makin lama memperjelas bahwa sebagai bisnis, punya website yang dapat mengatasi dan menopang online usaha sangatlah penting. 


Baca Juga Ini Dia Pentingnya Bisnis Go Digital Saat Krisis Covid-19 buat website


Sebelum pandemi, orang cenderung untuk melacak Info perihal product atau sarana yang idamkan dibeli berdasarkan ulasan, user generating content dan juga influencer secara online.


Dengan punya sebuah website, bermakna Anda merasa memposisikan diri Anda secara online dengan obyek profesional dan juga berusaha untuk berikan kesan kepada calon pelanggan perihal usaha Anda. Dan Anda bakal mempermudah pembeli atau pun prospek Anda didalam melacak Info perihal product atau usaha Anda di internet.


Namun sekarang, ditengah model hidup #dirumahsaja, online shopping telah jadi andalan. Hal ini didukung dengan data berasal dari Bank Indonesia (BI) terkandung peningkatan jumlah transaksi pembelian melalui e-commerce terhadap bulan Maret 2020. Transaksi pembelian melalui e-commerce meningkat 18,1% jadi 98,3 juta transaksi dan keseluruhan nilai transaksinya meningkat 9,9% jadi Rp 20,7 triliun.


Nilai yang tidak kecil bukan? Menggiurkan malah! Pandemi ini hanyalah tidak benar satu trigger betapa pentingnya punya website untuk bisnis. Karena tak ada yang memahami apa yang bakal berjalan nanti, apakah krisis ini bakal berlanjut? Apakah bakal ada krisis yang lainnya?


Nah, untuk Anda yang belum punya website, kita dapat tebak tidak benar satu alasannya dikarenakan tidak punya budget tertentu untuk membangun website. Betul bukan? Padahal, kata siapa buat website itu mahal? Dalam bisnis, punya sebuah website adalah sebuah investasi.


Mengapa demikian?


Karena dengan punya punya website, maka semua data yang masuk bakal langsung tercatat dan berasal dari data berikut dapat langsung dimanfaatkan untuk mendongkrak usaha Anda.


Saat ini telah ada banyak penyedia website gratis dan open-source yang ada untuk menopang desain web. Dengan keberadaan sistem pengelolaan konten ini, amat mungkin Anda untuk membangun website usaha kecil tanpa kudu meng-hire perancang website maupun website developer (tentunya jikalau Anda memahami dasar coding).


Kecuali seandainya Anda punya budget khusus, dan Anda memang telah tidak punya sementara untuk studi sekaligus membangun sendiri website anda. Tentunya mempekerjakan website designer dan website developer untuk membangun website Anda secara profesional bukanlah ketetapan yang salah.


Kalau Anda tetap ragu, perlu tidaknya website bagi usaha Anda? Coba memperhitungkan tujuh alasan mengapa punya website perlu bagi usaha berikut ini.


#1. Low Cost Advertising

Semua usaha membutuhkan marketing. Keberadaan website bakal menopang Anda didalam membangun brand image Anda dan menopang menyebabkan ikatan atau engagement yang kuat dengan existing pembeli maupun prospek Anda.


Sebuah website amat mungkin Anda untuk menjangkau pasar yang benar-benar luas.


Website Anda adalah alat pemasaran sekaligus tempat tinggal online yang benar-benar dapat Anda kendalikan yang berlainan dengan social media.


Meskipun membutuhkan sementara yang tidak sebentar untuk membangun traffic yang cukup ke website Anda, tetapi berasal dari segi biaya tak kudu diragukan lagi. Dibandingkan dengan biaya iklan pemasaran konvensional, menyebabkan website dengan konten yang memiliki kualitas pasti jauh lebih terjangkau.


Anda termasuk dapat dengan enteng berkompetisi dengan brand besar atau perusahaan ternama tanpa mengeluarkan banyak uang. Yang Anda perlukan adalah menyebabkan trick membangun website Anda dengan SEO dan konten, SEM, Social Media Management dan Paid Ads dan juga kegiatan Social Media Optimization (SMO) dapat menopang Anda untuk dikenali oleh pelanggan ataupun prospek Anda.


#2. Mudah Diakses oleh Konsumen

Memiliki website bermakna membuka peluang usaha Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan maupun prospek Anda di mana pun dan kapan pun mereka mau. Layaknya punya etalase toko virtual yang online sepanjang 24/7 dan oleh dikarenakan itu pelanggan Anda menghendaki dapat berinteraksi dengan usaha Anda kapanpun dan dimanapun mereka berada.


Website Anda bakal melakukan tindakan sebagai sumber Info yang selamanya ada untuk Info yang harusnya hanya dapat diakses sepanjang jam kerja perusahaan Anda.


Untuk Anda yang punya budget terbatas, Anda dapat gunakan website professional dengan fitur dasar yang mencantumkan beragam Info yang relevan perihal usaha Anda.


Namun  seandainya budget Anda lebih, Anda dapat menyebabkan website dengan fitur yang lebih rumit.


Terutama seandainya Anda punya usaha berkonsep business to consumer (B2C) maka website e-commerce dapat jadi pilihan tepat. Selain fiturnya yang lengkap, dengan e-commerce bakal memudahkan Anda didalam melayani pelanggan merasa berasal dari pemesanan, pembayaran hingga konfirmasi pembayaran didalam satu website tersebut.


Baca Juga Mengenal Website e-Commerce dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda


Bandingkan seandainya Anda tidak gunakan website yang terintegrasi dengan sistem pembayaran online dan juga pembeli service.


Contohnya, Anda merekrut staf admin untuk mengatasi 3 hingga 4 akun Whatsapp atau Line. Saat pesanan membludak Anda kudu menyisir rekening akun Anda satu per satu dan sesuai dengan pesanan yang ada di messenger tersebut. Belum kembali jikalau ternyata messenger sedang error.


Pusing bukan?


Nah dengan gunakan website e-commerce ini, Anda memang bakal mengeluarkan duit lebih banyak. Tetapi namanya termasuk investasi, toh Anda termasuk yang bakal merasakan beragam kemudahan berasal dari penggunaan website e-commerce ini yang imbasnya pasti saja untuk kemajuan usaha Anda.


#3. Visibilitas

Meningkatkan visibilitas merupakan tidak benar satu aspek utama yang menyebabkan website jadi perlu bagi usaha Anda. Walaupun orang kemungkinan telah kerap mendengar perihal perusahaan atau usaha Anda, tetapi selamanya ada kemungkinan orang untuk idamkan laksanakan penelitian secara online terutama dahulu, sebelum menentukan mempergunakan product atau sarana Anda atau apalagi sebelum singgah ke toko atau kantor Anda.


Untuk itu, jikalau usaha Anda punya offline store atau kantor, memberikan peta dan juga anjuran arah ke toko atau kantor perusahaan Anda di website, supaya pengunjung tidak mengalami susah untuk menemukan tempat Anda.


#4. Kredibilitas

Dengan membangun sebuah website bermakna Anda berikan peluang terhadap usaha Anda untuk berikan memahami pembeli mengapa mereka kudu mempercayai Anda. Anda termasuk dapat beri tambahan testimonial dan fakta terhadap website untuk menopang perihal tersebut.


Pasalnya, kecenderungan orang sementara ini bakal melacak Info di internet untuk mengecek kredibilitasnya perihal suatu product atau sarana sebelum menentukan laksanakan pembelian.


Bila Anda beri tambahan service atau product yang baik, kabar baik berasal dari mulut ke mulut perihal usaha Anda kemungkinan bakal menyebar. Yang terhadap gilirannya, beri tambahan lebih banyak repeat pembeli dan apalagi munculnya usaha baru.


Dengan gunakan website, Anda bakal dapat terus melayani pembeli secara online dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pemilik bisnis.


#5. Tak Ada Website = Kehilangan Bisnis

Di era digital sementara ini, seandainya Anda tidak punya website maka Anda bakal kehilangan peluang bagi pelanggan untuk mengidentifikasi siapa Anda dan jikalau mereka idamkan menggunakan duit untuk product atau sarana Anda.


Namun, jangan sesudah itu Anda sembarangan menyebabkan website dan berakibat terhadap website Anda tampak buruk.  Memiliki website yang buruk tidak lebih baik daripada tidak punya website mirip sekali.


Mengapa demikian?


Website yang buruk memang bakal berdampak terhadap usaha Anda.  Website buruk bakal menyebabkan usaha Anda jadi terlihat buruk. Dengan begitu banyak website berbasis template yang ada sementara ini, Anda pasti punya lebih banyak pilihan yang sesuai dengan usaha atau brand Anda. Jadi, tidak ada alasan kembali website Anda terlihat buruk dan tidak profesional.


#6. Sebagai Hub Digital Marketing Anda

Coba bayangkan trick digital marketing Anda layaknya sebuah roda. Untuk dapat berjalan, trick Anda kudu punya beberapa jari-jari yang membuka kembali ke satu hub atau poros di tengahnya.


Nah itulah peran website yakni sebagai hub atau poros digital marketing Anda!


Dengan kata lain, ada website berguna sebagai tempat Anda mengarahkan pelanggan dan juga prospek untuk memperoleh Info dan juga tempat terjadinya transaksi bisnis. Oleh dikarenakan itu, website jadi signifikan bagi sebuah usaha dikarenakan tanpa ada website sebagai hub, maka roda atau trick digital marketing Anda bakal hancur.


#7. Kompetitor Anda 

Well, tak dapat dipungkiri keberadaan kompetitor adalah stimulan terbesar didalam bisnis. Apalagi ditengah persaingan usaha yang ketat tak ada salahnya seandainya Anda beranggap bahwa pesaing terbesar Anda telah punya website.


Dan pasti saja,


Anda tak senang kalah berasal dari persaingan ini. Dan tak ada salahnya untuk sedikit memata-matai kiprah kompetitor sebagai bahan perbaikan bisnis. Untuk itu, Anda dapat meyakinkan keberadaan kompetitor Anda secara online. 


Apa yang mereka laksanakan yang dapat Anda laksanakan lebih baik didalam perihal desain web, load time, optimisasi mesin pencari? Metode pemasaran apa yang tidak mereka gunakan? Seberapa menarik website Anda dibandingkan dengan website mereka supaya kinerja website Anda bakal meroket?

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memakai SystemEver, Sistem Cloud ERP Terbaik

Cara Jualan Online Tanpa Modal untuk Pemula, Gampang Ditiru